Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita Melalui Lomba Balita Sehat

Kemantren Jetis bekerja sama dengan Puskesmas Jetis dan TP PKK Kemantren Jetis mengadakan Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Kemantren Tahun 2021 pada Selasa, 22 Juni 2021. Kegiatan yang dikemas dengan ala Covid ini membagi rangkaian acara menjadi tiga sesi agar tidak terjadi kerumuman saat acara berlangsung. Lomba Balita Sehat Indonesia kali ini diikuti oleh 23 balita dengan kategori usia Bawah Dua Tahun (Baduta) dengan rincian 12 Baduta berasal dari Kelurahan Bumijo, 8 Baduta berasal Kelurahan Cokrodiningratan, dan 3 lainnya berasal dari Kelurahan Gowongan. Kategori penilaian pada Lomba Balita Sehat Indonesia ini antara lain tingkat pengetahuan ibu terkait tumbuh kembang anak, penilaian gigi dan kesehatan anak secara umum, psikologi anak meliputi kemampuan dan perkembangan anak sesuai umur berdasarkan format skala perkembangan balita, penilaian status gizi secara umum, dan penilaian KIA/KB.

Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Jetis, Drs. Sumargandi, M.Si. mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap semoga tumbuh menjadi anak yang berakhlak mulia. "Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang Lomba Balita Sehat Indonesia tingkat Kemantren, semoga tumbuh berkembang menjadi anak yang berakhlak mulia." ujarnya. Adapun pemenang Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Kemantren Jetis Tahun 2021 adalah:

1. Juara I: Puma Hafidz Rizky (8 bulan)

2. Juara II: Filzah Eiliya Andifa (20 bulan)

3. Juara III: Ghania Jauna Zain (7 bulan)

4. Harapan I: Diandra Aretha (7 bulan)

5. Harapan II: Arshinta Kirania (17 bulan)

6. Harapan III: Jihan Hanum A. (6 bulan)

Selanjutnya kepada para pemenang diberikan hadiah berupa piala dan uang pembinaan yang sudah disiapkan oleh panitia. Pemenang atau juara I juga akan disiapkan untuk mengikuti Lomba Balita Indonesia Tingkat Kota Yogyakarta.