Kemantren Jetis Gelar Pelatihan Budidaya Anggrek Lanjutan

YOGYA - Bertempat di Aula Margo Utomo Kemantren Jetis diselenggarakan Pelatihan Budidaya Anggrek Lanjutan Kemantren Jetis 2023, Jum'at (9/6/2023) Acara yang diselenggarakan Forum Gabungan Kelompok Tani Kemantren Jetis bersama dengan Kemantren Jetis diikuti oleh 30 peserta dengan nara sumber Dharmesta Adhiwira, praktisi budidaya Anggrek.

Dalam sambutannya Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis, Rini Rahmawati, SIP., MIP., berharap pelatihan tersebut dimanfaatkan para peserta agar dapat membudidayakan tanaman anggrek. "Saya berharap nantinya setiap rumah di Kemantren Jetis dapat menanam anggrek, setiap pohon tinggi terdapat tanaman anggrek. Sehingga lingkungan kita akan semakin indah dan bisa menjadi daerah tujuan wisata," terang Rini Rahmawati.

Sementara itu, Dharmesta Adhiwira menjelaskan seputar budidaya dan perawatan Anggrek Bulan (Phalaenopsis). "Negara kita sebenarnya sangat kaya dengan spesies Phalaenopsis, dari 73 spesies Anggrek Bulan, 24 spesies diantaranya ada di Indonesia, " kata Dharmesta Adhiwira.

"Berbeda dengan spesies lainnya, Anggrek Bulan lebih menyukai tempat yang teduh. Anggrek Bulan paling baik ditanam pada ketinggian antara 700 sampai dengan 1000 meter diatas permukaan laut," terang pengelola Kebun Anggrek Widarakandang ini. Lebih lanjut, Dharmesta Adhiwira mengungkap beberapa rahasia seputar budidaya Anggrek Bulan.

"Anggrek Bulan suka dengan kelembapan tinggi dan tiupan angin. Pada umumnya semua spesies anggrek membutuhkan tiupan angin. Bunga pasti muncul ketika anggrek berada di tempat yang teduh dan mendapat cukup sirkulasi angin," ungkap Dharmesta Adhiwira.

Pada bagian akhir pemaparannya Dharmesta Adhiwira menjelaskan tentang potensi pasar Anggrek Bulan. "Saat ini banyak kantor, hotel, instansi dan universitas yang membutuhkan rangkaian tanaman Anggrek Bulan sebagai pemanis ruangan. Kami membuka persewaan rangkaian Anggrek Bulan untuk kantor-kantor itu," jelas Dharmesta Adhiwira.

Setelah pelatihan selesai, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Kresna Nursey, Mulungan Wetan, Sendangadi, Mlati, Sleman, Joglo Ndeso, Restoran dan Kebun Hidroponik, dan kebun anggrek Agro Karya Mandiri di Muntilan. (*)

Sumber : krjogja. (2023). Kemantren Jetis Gelar Pelatihan Budidaya Anggrek Lanjutan. https://www.krjogja.com/berita-lokal/read/508650/kemantren-jetis-gelar-pelatihan-budidaya-anggrek-lanjutan?utm_source=Mobile&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=Share_Bottom