Gelar Seni Budaya

Sabtu, 2 September 2023 di SD Negeri Bumijo diadakan Gelar Seni Budaya "BABAD SITI KEMANTREN" dalam rangka Hari Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara yang bersumber dari Dana Keistimewaan ini dimulai pukul 13.00 hingga 22.00 yang dibuka oleh Mantri Pomong Praja Kemantren Jetis, Rini Rahmawati, S.I.P., M.I.P. dan didampingi oleh Forkompimtren Kemantren Jetis. Gelar Seni Budaya ini menampilkan Gendhing-Gendhing, Tari Nawung Sekar, Tari Kencana, Tari Nusantara, Tari Padang Bulan, Tari Golek Ayun-Ayun, Tari Sajojo, Tari Nirboyo, Demo Pencak Silat Merpati Putih, dan Drama Sejarah Tugu Golong Gilig. 


Masih dalam satu rangkaian acara, dihadirkan potensi UMKM Kelurahan Bumijo, Kelurahan Gowongan, dan Kelurahan Cokrodiningratan dengan Bazar UMKM. Pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam acara ini menyiapkan dagangannya berupa olahan makanan, pakaian,dan kerajinan tangan yang menarik. Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti rangkaian acara ini , tampak dari banyaknya pengunjung yang hadir, baik untuk membeli dagangan yang ada maupun untuk melihat gelaran seni. 


Dalam acara ini juga diresmikan RAGELO, Ramah Lingkungan dengan Gerakan Lodong, suatu pembaharuan Inovasi di Kemantren Jetis dalam bidang lingkungan hidup untuk mengelola sampah organik dan anorganik. Lodong yang dimaksud adalah wadah, baik wadah secara harafiah untuk mengelola sampah, maupun wadah komunitas dan forum-forum dalam pengelolaan lingkungan hidup. Diharapkan dengan adanya gerakan ini di Kemantren Jetis dapat ikut serta menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Yogyakarta, khususnya di Kemantren Jetis.