Lestarikan Olahraga Tradisional Melalui Festival Olahraga

Puluhan peserta yang berasal dari tiga kelurahan di wilayah Kemantren Jetis mengikuti Festival Olahraga Kemantren Jetis Tahun 2023. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Mantri Pamong Praja Jetis, Rini Rahmawati ini sukses digelar pada Minggu (12/11) di halaman Kantor Kemantren Jetis. Acara yang digelar tahunan ini diharapkan dapat menjaring potensi anak-anak di wilayah dalam bidang olahraga tradisional. "Semoga acara ini berjalan dengan lancar, dan anak-anakku yang mengikuti ini nantinya dapat maju mewakili Kemantren Jetis dalam ajang perlombaan olahraga tradisional di tingkat Kota Yogyakarta," harap Rini. 

Seorang peserta balap karung dari RW 05 Cokrodiningratan

Pada tahun ini hanya terdapat tiga cabang lomba, yakni egrang, balap karung beregu, dan balap karung. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kormi (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kemantren Jetis ini diikuti oleh anak dan remaja di wilayah Kemantren Jetis. Sri Sulastri selaku ketua Kormi Kemantren Jetis mengapresiasi partisipasi anak-anak dalam kegiatan festival ini. "Terimakasih kepada para peserta, walaupun ini merupakan olahraga rekreasi saya harap kita tetap menjunjung tinggi sportivitas," ujar Sri.

Para juara akan mendapatkan piala dan uang pembinaan. Juara I sebesar Rp750.000,00, juara II sebesar Rp500.000,00 dan juara III sebesar Rp300.000,00. Perlombaan egrang dimenangkan oleh RW 09 Cokrodiningratan (I), RW 06 Cokrodiningratan (II), dan RW 12 Bumijo (III). Sementara perlombaan balap karung beregu dimenangkan oleh RW 11 Bumijo (I), RW 12 Bumijo (II), dan RW 05 Cokrodiningratan (III). Sedangkan lomba bakiak dimenangkan oleh RW 11 Bumijo (I), RW 09 Cokrodiningratan (II), dan RW 06 Cokrodiningratan(III).