Posbindu, Sarana Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Jawatan Sosial melalui anggaran Penumbuhan dan Peningkatan Kesadaran Keluarga dalam Keterlibatan Perencanaan Kehidupan Menuju Keluarga Berkualitas menyelenggarakan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) untuk karyawan kemantren, kelurahan, penyuluh KB, PKH, dan perwakilan tokoh warga dari Sigrak Kemantren. Kegiatan Posbindu iniĀ  bertujuan untuk mendeteksiĀ dini penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes. Kegiatan yang menggandeng Puskesmas Jetis ini dilaksanakan pada Jumat (12/01) di Aula Margo Utomo setelah sebelumnya diadakan senam bersama.

"Target kegiatan Posbindu ini sebanyak 60 peserta yang berasal dari karyawan kemantren, kelurahan, dan lembaga di kemantren. Pada tahun 2024 ini kami melaksanakan sebanyak empat kali di bulan Januari, Mei, September dan November" terang Woro Sudarini, Kepala Jawatan Sosial Kemantren Jetis di sela-sela kegiatan.

Dalam kegiatan Posbindu dilakukan pemeriksaan indeks massa tubuh, tekanan darah, gula darah, dan gizi. Peserta juga harus mengisi form assessment riwayat penyakit tidak menular dalam diri sendiri maupun keluarga serta perilaku hidup sehat dalam 30 hari terakhir.