Hari Gizi Nasional, Puskesmas Jetis Gelar Lomba Menu MPASI

Setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN). Menyambut HGN tahun ini, Puskesmas Jetis bekerja sama dengan DPC Persagi Kota Yogyakarta menggelar Lomba Menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dengan tema “MPASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”. Dihadiri langsung oleh Kepala Puskesmas Jetis, Ani Mufidah Sari, Mantri Pamong Praja Jetis, Rini Rahmawati, dan Iswari Paramita perwakilan dari Dinas Kesehatan kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (24/01) di Aula Margo Utomo Kemantren Jetis dengan target peserta kader posyandu masing-masing kelurahan.

Mantri Pamong Praja Jetis (kanan) bersama Kepala Puskesmas dan Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan

Rini mengapresiasi kreativitas ibu-ibu kader posyandu dalam membuat menu MPASI, terlebih upaya yang dilakukan para kader ini dapat menurunkan angka stunting. “Tahun 2022 angka prevalensi stunting Kota Yogyakarta ada di angka 13,8 persen harapannya dengan mengikuti lomba menu kreasi MPASI ini, ibu-ibu kader dapat menerapkan di posyandu masing-masing sehingga nantinya Jetis bisa mewujudkan zero stunting” ujar Rini dalam sambutannya.

Iswari Paramita, Kepala Seksi Kesehatan dan Gizi Dinas Kesehatan membekali peserta dengan materi 6 pintu stunting. “Enam pintu stunting, diantaranya remaja putri, calon pengantin, ibu, bayi prematur, asi eksklusif, dan MPASI,” terang Mita.

Kepala Puskesmas Jetis menyerahkan hadiah kepada peserta terbaik

Terdapat tiga kategori dalam lomba kali ini, yakni kategori usia 6-8 bulan, 9- 11 bulan dan 12-23 bulan. Peserta terbaik dari masing-masing kategori mendapat hadiah berupa kompor gas dan panci presto. Pemenang dari masing-masing kategori berasal dari Kelurahan Gowongan.