Kecamatan Jetis telah menyusun Dokumen Renstra Kecamatan Jetis tahun 2017 - 2022 sebagai turunan yang tidak terpisahkan dari dari Dokumen RPJMD Kota Yogyakarta 2017 - 2022 dimana tertuang bahwa Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Kecamatan Jetis  adalah :

Visi

:

Terwujudnya Pelayanan Prima menuju Masyarakat Jetis yang Mandiri dan berbudaya.

 Visi tersebut mengandung maksud sebagai berikut :

  1. Pelayanan Prima adalah :
  1. Menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kewenangannya
  2. Menerapkan sendi-sendi Pelayanan Prima dalam pelayanan
  3. Timbulnya partisipasi masyarakat terhadap pelayanan
  4. Melaksanakan fasilitasi pemberdayaan masyarakat
  5. Dalam melaksanakan fasilitasi pemberdayaan melibatkan masyarakat secara langsung dan berkelanjutan
  6. Masyarakat yang Mandiri dan berbudaya adalah masyarakat yang berkepribadian tangguh, percaya diri, dan berdaya saing tinggi sehingga mampu mengembangkan diri dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran, memiliki kepekaan yang tinggi terhadap nilai-nilai budaya lokal, tradisi dalam kehidupan masayarakat serta mampu menggali dan mengembangkan partisipasi dan swadaya masyarakat dalam rangka mendukung Pembangunan.

Misi merupakan langkah untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan. Untuk mewujudkan visi yang telah dirumuskan tersebut di atas, Kecamatan Jetis telah menetapkan 8 (delapan)  langkah misi yaitu :

  1. Membangun pelayanan publik kepada masyarakat dengan berdasarkan sendi-sendi pelayanan prima dan berkualitas
  2. Mewujudkan tata kelola kecam,atan yang baik dan bersih
  3. Menciptakan standar prosedur pelayanan yang mampu menampung aspirasi baik kebutuhan masyarakat dan kebutuhan regulasi yang ada
  4. Mewujudkan pemberdayaan Masyarakat dengan Gerakan Segoro Amarto dan Gandeng Gendong
  5. Mewujudkan iklim kondusif bagi daya dukung kegiatan dan potensi Pariwisata yang berbudaya
  6. Meningkatkan kemampuan aparatur dan penyediaan sarana pelayanan
  7. Menciptakan kumunikasi yang efektif kepada masyarakat dan menciptakan jaringan dengan stockholder untuk meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat.
  8. Mewujudkan daya dukung yang kuat bagi perdagangan dan jasa lewat perbaikan infrastruktur wilayah

Dalam upaya mewujudkan visi dan misi instansi telah dirumuskan sebuah kata spirit atau motto sebagai katalisator kinerja. Motto tersebut adalah ” Jet Is The Best ”, dimaksudkan bahwa dalam setiap melaksanakan kinerja untuk mewujudkan visi instansi dilaksanakan dengan Kemampuan terbaik yang ada. Dengan adanya satu hati ini diharapkan dalam melaksanakan kinerja tidak hanya berfokus pada target namun juga dapat melebihi target dan menjadi yang terbaik